Powered By Blogger

Rabu, 16 November 2011

proposal usaha


jajanan yang satu ini kayaknya sangat publis di kalangan masyarakat ke atas maupun masyarakat ke bawah... se terkenalnya jajanan ini banyak orang yang ingin memulai usaha dengan berjualan Martabak telur... Anda juga bisa melakukan nya...
Selama ini usaha Martabak telur telah mendominasi pertumbuhan usaha makanan yang kian pesat. Peluang usaha di sektor makanan memang tidak pernah sepi dan sangat beragam. Tidak hanya sektor makanan martabak telur, martabak anispun memiliki prospek cerah sebagai usaha waralaba.

pemanfaatan peluang usaha

Segmen pasar dari Martabak telur ini adalah pasar pelajar dan pekerja kantoran,orang – orang yang sedang bepergian yaitu Segmen pasar yang punya aktiftas dari pagi hingga sore hari ini.

Peluang usaha martabak telur tidak pernah ada matinya.usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak bisa dikata usaha dengan modal kecil tapi untung besar.sangat cocok untuk usaha sampingan.

Sukses tidaknya usaha martabak telur tergantung lokasi yang Anda pilih.dalam menjalankan usaha martabak telur pada umumnya buka mulai jam18.00 wib sampai habis, soal lokasi ada pada tempat – tempat keramaian, jalan yang ramai dilalui banyak orang terutama jalan – jalan protokol perkotaan, kebanyakan orang sehabis berbelaja akan mampir untuk membeli oleh – oleh martabak telur.

Untuk informasi usaha Bagi Anda yang berada pada lokasi di sekitar perkantoran atau kampus bisa membuka usaha martabak telur pada jam – jam aktifitas mereka.
Guna untuk memperoleh pelangan tetap Anda harus memperhatikan mutu dan kezatan martabak telur yang Anda kelola, terutama pemakaian minyak goreng, jangan sampai menimbulkan rasa rik yang mengakibatkan batuk sehabis makan martabak telur.
Soal harga biasanya ada 3 macam, martabak telur biasa dengan harga Rp 6.000,00 sepesial Rp 15.000,00 dan martabak telur spesial + daging Rp 20.000,00.harga pada umumnya.agar supaya peluang usaha martabak telur Anda bisa bersaing dan menarik pelangan Anda bisa menjual di bawah harga tersebut.Anda masih memiliki untung.


Bahan Kulit Martabak :

100 gram tepung terigu
air matang secukupnya
2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
1 sdm minyak/margarine cair
garam secukupnya
Bahan Isi Martabak :
300 g daging giling
1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
4 batang daun bawang iris
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
1 sdt curry powder
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.

Saus Martabak :
2 sdm kecap asin
1 sdt air asam jawa
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 sdm saus tomat
1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
irisan ketimun
2 sdm air matang
horizontal

Cara Membuat Kulit Martabak :

Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.
Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet.
martabak telur


Cara Membuat Isi Martabak :

Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan daging giling, curry powder,merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
Kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sdm untuk campuran bikin adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan., bagi menjadi 2 bagian.
Cara Membuat Saus Martabak :
Campur semua bahan kuah menjadi satu.

Penyelesaian :

Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).

Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.

Resep untuk : 2 buah martabak Telur Spesial (6 iris/buah)
Keuntung usaha martabak terlur
Dalam memulai usaha modal awal tidak besar.
Semua orang sudah mengenal makanan yang satu ini.bahkan menjadi makanan paforit.
Sewa tempat murah bahkan mungkin tidak menyewa.
Keuntungan bisa 100% dari modal
Kelemahan usaha martabak telur
Banyak persaingan
Makanan siap saji resiko bila tidak samapai laku.
Bila mengunakan tenaga kerja, upah yang diberikan tidak banyak.

Modal awal
Gerobak Rp 2.000.000,.
Peralatan masak (Loyang, kompor gas dll.) Rp 1.800.000,.
Mixer, Baskom, sendok dll Rp 500.000,.
Bahan baku awal Rp 500.000,.
Perlengkapan berdagang Rp 200.000,.+

Jumlah Rp 5.000.000,.
Biaya operasional / bulan
Pembelian bahan baku
(Rp 155.000,00 x 30 hari) Rp 4.650.000,00
Gas elpiji 3kg (Rp 13.500,. x 10 ) Rp 135.000,00
Gaji karyawan 1 orang Rp 400.000,00
Lain-lain Rp 100.000,00

Jumlah Rp 5.285.000,00
Pemasukan
Omset / bulan
(25porsi/hari x Rp 12.000,00) x 30 hari Rp 9.000.000,00
Laba bersih / bulan
(Rp 9.000.000,00 – Rp 5.285.000,00 ) Rp 3.715.000,00
BEP
(Rp 5.000.000,. : 3.715.000,.) = < 2 bulan























https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8Gl6Vc7PqrNaCTTc602Mt1RsiudoS2yEiUa6XFN3Q7awQP6lRWzBVD0L47YrT9BhauRnadwbYvR1jh3P7s-7O4hpleZi0XuvFmg5eReyxHwh12KfpfLnapO9U48JLWND5sX7o8HUUTm_1/s320/g.+p+usaha+makanan.jpg


A.Pendahuluan

Latar belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.

A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.



B. Aspek Pemasaran

a) Target Pasar

yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya



b) Konsep pemasaran

terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di tempat anda. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering murah.
c) Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.

C0NTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
NASI KUNING
Nasi kuning
Mie
Kering tempe
Ayam goreng
Perkedel
Krupuk udang
Rp. 7.500,-
NASI PUTIH/URAP
Nasi Putih
Urap – urap
Trancaman
Ayam bumbu rujak
Rempeyek
Rp. 7.500,-
Dan lain-lain tergantung makanan yang dipesan
Berbagai masakan yang disesuaikan dengan pesanan
d) Distribusi dan Promosi
Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama katering kita sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pelayanan katering di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan relasi akan mengetahui kemampuan kita. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita. Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan pelit/segan memberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi..

C. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha katering, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan--syukur-syukur bila Anda pandai memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk menjadi pengusaha katering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, Anda bisa melakukan prekrutan.
Telah di jabarkan di atas bahwa katering ini dikelola bersama-sama dan tiap orang punya tugas masing-masing
Cara penjaminan mutu dengan cara kita hanya akan berproduksi setelah mendapatkan pesanan jadi masakan dijamin masih segar.
Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang.

D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.
E. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan

1. Kas Rp 5.000.000,00
Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 500.000,00
Kas Rp 500.000,00
(Pembelian Peralatan)
Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan

Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00


Jurnal Transaksi dalam 1 bulan

1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00

Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan

Pendapatan
Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +
Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya
Biaya Angkut Rp 200.000,00
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +
Rp 3.200.000,00 +
Laba Rp 600.000,00





















https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhz0yIWWcYmus2R8n8uFgnz1SfIrY4VYzCu6qcdwyjecL3Kn6nFUPGB5IPEhVhp6raHTLoZXcPcNrt1DZ5AMJ1apWUpuJCsWtF0sjAyTCF27t5w_IwwvA1A6STxFQF1wUL2mdfeBRFUCYFK/s200/kacang+telur+pedas+manis.jpeg
PENDAHULUAN

A.     Dasar Gagasan Membuka Bisnis Kacang Telur Pedas Manis

       Vegetarian kini tampaknya menjadi kata yang semakin populer di dunia termasuk di Indonesia. Di kota-kota besar dunia, restoran vegetarian sudah menjadi pilihan yang cukup mudah dicari. Di Indonesia pun restoran-restoran vegetarian meski belum banyak, mulai bermunculan di kota-kota besar. Vegetarian juga merupakan salah satu pilihan menu yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan internasional. Aliran vegetarian atau vegetarianisme merupakan suatu aliran dimana penganutnya tidak mengkonsumsi produk-produk hewani dan turunannya, hanya membatasi diri pada produk-produk nabati.
Sebagian orang beralih ke vegetarian karena alasan kesehatan, gaya hidup, tak biasa makan daging, atau latar belakang religi. Menjadi vegetarian tubuh terasa lebih sehat. tidak mudah capek, dan tidak mudah sakit. Karena alasan itulah maka kami ingin mendirikan suatu makanan kecil yaitu "KACANG TELUR PEDAS MANIS" yang belum ada di kalangan vegetarian
Restoran yang menyajikan makanan kecil seperti snack masih jarang, terutama di kalangan vegetarian. Restoran yang khusus makanan kecil juga langka. Tetapi, tidak ada yang spesifik menyajikan menu seperti layaknya "KACANG TELUR PEDAS MANIS" maka dari pada itu disamping itu saya akan membuka restoran "KACANG TELUR PEDAS MANIS".



PROPOSAL USAHA
"KACANG TELUR PEDAS MANIS"

I.      LATAR BELAKANG

Kacang tanah adalah tanaman yang mudah tumbuh disekitar kita, mempunyai protein tinggi dan kaya akan Omaga, untuk itu saya akan menciptakan sebuah makanan yang di gemari masyarakat dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat dengan harga murah dan terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah kebawah.
Kacang tanah adalah suata makanan kecil ataupun  camilan yang digemari banyak masyarakat, meskipun kacang tanah sudah mulai tidak ditemui atua dijumpai disekitar kita tapi saya akan mencoba memproduksi dan meningkatkan kualitas produk saya.
Di samping itu banyak pengusaha yang bersaing dalam bisnis makanan. Yang bersaingnya dengan akal sehat, saya akan meningkatkan nilai jual kacang tanah tersebut dengan cara memberikan sentuhan rasa yang lebih moderen dan menarik pembeli.
Kacang tanah juga bisa menyehatkan bagi jantung manusia. Misi saya untuk membuat produk "KACANG TELUR PEDAS MANIS" adalah sebagai camilan masyarakat indonesia yang menyehatkan bagi masyarakat indonesia pada umumnya.


II.                     KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODOK
v  KEUNGGULAN " KACANG TRLUR PEDAS MANIS"
1.      Disukai oleh kalangan masyarakat.
2.      Aman bagi kesehatan.
3.      Harganya terjangkau.
4.      Sebagai camilan dengan keluarga.
5.      Tidak Mengandung zat-zat yang berbahaya.

v  FUNGSI PRODUK
1.      Sebagai oleh-oleh sanak saudara, kerabat ataupun rekan kerja.
2.      Sebagai camilan dimanapun dengan siapapun.
3.      Siap dinikmat dalam cuaca apapun.
4.      Mudah dibawa kemana-mana.
III.     BAHAN – BAHAN
No.
NAMA BAHAN
SPESIFIKASI
SATUAN
JUMLAH
HARGA
1
Kacang Tanah
-
Kg
2,5 Kg
35.000
2
Plastik Pengemas
-
Rol
1 Rol
3.000
3
Tepung Teligu
Segitiga Biru
Kg
1,5 Kg
10.500
4
Tepung Tapioka
Raus Brend
Kg
1 Kg
6.500
5
Gula Halus
-
Kg
3 Ons
3.500
6
Penyedap Rasa
Roiko
Buah / Saset
3 Bungkus
1.500
7
Minyak Goreng
Bimoli
Kg
2 Kg
20.000
8
Cabe Bubuk
-
Gram
0,5 Ons
3.000
9
Garam
NG
Gram
50 Gram
200
10
Bawang Putih
-
Kg
1/4 Kg
4.000
11
Telur
-
Kg
1/4 Kg
3.000


IV.     FASILITAS PERALATAN

No.
NAMA ALAT
SPESIFIKASI
SATUAN
JUMLAH
PEMILIK
1
Wajan
Anti Gores
Buah
1
Sendiri
2
Sutil
Almunium
Buah
1
Sendiri
3
Serok
Almunium
Buah
1
Sendiri
4
Ember
Anti Pecah
Buah
1
Sendiri
5
Kompor Gas
-
Buah
1
Sendiri
6
LPJ
Tabung
Buah
1
Beli pertamina



V.  PROSES PRODUKSI (SISTEM KERJA)
v Kacang tanah dibersihkan terlebih dahulu.
v Aduk telur, gula, penyedap rasa dan bumbu sampai kental.
v Kemudian kacang dituangi adonan tadi sedikit demi sedikit setelah itu dicampur dengan tepung teligu + tepung tapioka sampai 3x pencampuran supaya tepungnya agak tebal.
v Kemudian didiamkan selama 2 jam agar kadar airnya berkurang.
v Setelah itu baru digoreng dalam minyak yang panas.
v Setelah dingin siap untuk dikemas.

RENCANA ANGGARAN
1.                BIAYA BAHAN

No.
NAMA BAHAN
SPESIFIKASI
SATUAN
JUMLAH
HARGA
1
Kacang Tanah
-
Kg
2,5 Kg
35.000
2
Plastik Pengemas
-
Rol
1 Rol
3.000
3
Tepung Teligu
Segitiga Biru
Kg
1,5 Kg
10.500
4
Tepung Tapioka
Raus Brend
Kg
1 Kg
6.500
5
Gula Halus
-
Kg
3 Ons
3.500
6
Penyedap Rasa
Roiko
Buah / Saset
3 Bungkus
1.500
7
Minyak Goreng
Bimoli
Kg
2 Kg
20.000
8
Cabe Bubuk
-
Gram
0,5 Ons
3.000
9
Garam
NG
Gram
50 Gram
200
10
Bawang Putih
-
Kg
1/4 Kg
4.000
11
Telur
-
Kg
1/4 Kg
3.000
Jumlah Biaya Bahan
Rp.90.200

2.          BIAYA TENAGA KERJA

1 Orang tenaga kerja                                                                               Rp.10.000



3.          BIAYA LAIN-LAIN

Gas LPJ                                                                                                   Rp.13.000
v  Jumlah buaya                                                                                          Rp.113.200
Biaya produksi perbungkus :
                                                113.200 : 50 = Rp.2.264
v  Keuntungan yang diingankan
Perbungkus                                                  = Rp.246
Harga jual perbungkus                                 = Rp.2.500
v  Laba untuk 50 bungkus
246 X 50      = Rp.12.300
v  Laba perhari   
                                                      246 X 50      = Rp.12.300                  
v  Laba perminggu
12.300 X 7   = Rp.86.100
v  Laba perbulan
86.100 X 4   = Rp.344.4

VI.     SASARAN PASAR
v  Kantin Sekolahan
v  Toko-toko Kecil
v  Sualayan
v  Tukang Sayur

VII. JADUAL PELAKSANAAN
No.
KEGIATAN
JANUARI
FEBRUARI
MARET
1
Rancangan Kerja Penyusunan Proposal
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
2
Gambar Kerja












3
Proses Produksi












4
Laporan












5
Presentasi












6
Ujian Sekolah dan Nasional





















VIII.     PENUTUP
Kesimpulan dari uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa "KACANG TELUR PEDAS MANIS" mempunyai rasa yang enak dan pembuatannya sangat sederhana mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi dan kaya akan kesehatan manusia.
Bagi anda yang ingin merasakan betapa nikmat dan lezatnya "KACANG TELUR PEDAS MANIS" ini anda akan bisa membuatnya sendiri dengan membaca proposal ini.
Demikian proposal ini saya buat apabila ada yang kurang dalam kata-kata mohon kritik dan sarannya dan mohon maaf sebesar-besarnya akhir kata Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





                                                                             

                                                                                    









Tidak ada komentar:

Posting Komentar